Ternyata Ini Fungsi Tirai Pada Rumah!!

Keberadaan tirai diduga sudah digunakan sejak zaman dahulu dan kemudian berkembang di beberapa negara separti Persia, Romawi, Cina, dan India. Gorden yang terpampang saat itu lebih digunakan sebagai pelindung privasi pada kamar-kamar istana atau keluarga bangsawan. Lokasi yang paling sering ditutupi tirai saat itu terletak pada kamar tidur sebagai penutup tempat tidur, tempat pemandian keluarga raja, atau tempat-tempat pribadi para selir raja.

Fungsi Tirai

Keberadaan tirai semakin menawan dan banyak diminati sejak beredarnya kain sutera yang berasal dari Cina. Tirai-tirai ini banyak menghiasi rumah-rumah kaum bangsawan, masyarakat super kaya. Selain itu berpengaruh juga untuk menaikkan gengsi para penghuninya. Gorden jendela ini dipasang di setiap dinding untuk menutupi tembok kusam, sehingga menambah keindahan pada rumah-rumah mereka.

Ini Fungsi Tirai Pada Rumah

Kini masyarakat semakin dimudahkan dalam memilih dan mendapatkan tirai dalam berbagai motif dan bahan dasarnya. Keberadaan tirai saat ini tidak hanya dimonopoli pada fungsi privasi, melainkan lebih luas lagi seiring dengan kebutuhan yang terus meningkat. Sekarang banyak masyarakat yang menggunakan tirai untuk berbagai kegiatan atau pertunjukan, seperti panggung hiburan, sirkus, resepsi pernikahan, atau bahkan digunakan sebagai media pelindung.

Fungsi Tirai Pada Rumah

Khusus untuk rumah dan hunian lainnya seperti villa, losmen, atau hotel, keberadaan tirai menjadi mutlak dihadirkan sebagai media keindahan dan privasi. Nah, artikel kali ini akan mengungkap sisi lain dari pentingnya keberadaan tirai pada rumah.

1. Estetika

Unsur keindahan merupakan faktor yang paling banyak menjadi dalih masyarkat dalam mengadakan tirai di rumahnya. Tirai-tirai ini umumnya dibuat tinggi hingga menyentuh lantai dan bertumpuk. Kesan yang berhasil ditampilkan berupa keindahan dan kemewahan pada sisi ruangan tersebut. Pada rumah-rumah minimalis, keberadaan tirai menjadi bagian interior rumah yang wajib dihadirkan. Dengan memadukan konsep warna dan tema ruangan, motif dan bentuk tirai dapat menegaskan estetika pada hunian itu. Tetapi pemilihan tirai yang salah, termasuk motif dan bahan dapat merusak cita rasa pada ruangan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah bijak dan cerdas sebelum memutuskan memasang tirai pada rumah.

2. Pelindung Privasi

Fungsi tirai pada rumah berikutnya adalah kemampuannya dalam menjaga privasi para penghuni rumah, baik privasi pada kamar tidur, kamar mandi, maupun rumah secara umum. Dengan membentangkan tirai, para penghuni rumah lebih tenteram dan nyaman dari hal-hal yang dapat mengusik privasi mereka. Tirai-tirai ini umumnya diletakkan pada kusen pintu, jendela, atau kamar mandi. Pada perkantoran, pelindung privasi ini biasanya dalam bentuk krei plastik atau bambu untuk melindungi privasi para tamu dari pantauan karyawan atau orang lain yang dirasa tidak perlu.

3. Mereduksi Panas Matahari

Penggunaan tirai yang tepat, terutama pada bahan tirai itu, dapat mereduksi panas sehingga isi rumah tetap sejuk tanpa kehilangan cahaya matahari. Untuk tujuan ini, tirai biasanya dibuat berlapis yang terdiri dari lapisan kain tule yang tipis dan tirai berbahan kain tebal. Tirai dengan kain tipis biasanya dibentangkan saat panas matahari terlalu ekstrem sementara tirai berbahan tebal dibentangkan saat malam guna menghindari cahaya dalam menembus ke luar rumah. Terkadang, penggunaan tirai bambu lebih efektif dalam menghalau panas matahari mengingat lubang pada sisi-sisinya.

4. Pelindung Tempias Hujan

Beberapa rumah perlu melengkapi diri dari tempias air hujan akibat lebar teras yang cenderung sempit, dengan menggunakan tirai bambu atau krei. Tirai bambu ini cukup efektif meredam tempias air hujan, sehingga rumah terjaga dari basah akibat tempias ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *