Perbandingan Penggunaan Cat dan Wallpaper Dinding, Ketahui Perbedaannya

Merancang desain interior berarti memilih antara beberapa hal. Kadang bila beruntung ada dua pilihan saja yang tersedia untuk diterapkan. Seperti memilih antara menggunakan cat atau wallpaper. Menimbang antara keunggulan dan kekurangan diantara keduanya adalah hal yang paling mendasar sebelum menjatuhkan pilihan.

Cat dan Wallpaper Dinding

Perbandingan Antara Cat Dan Wallpaper

Walau bisa saja satu ruangan menggunakan keduanya. Antara pelapisan dinding dengan cat atau wallpaper masing-masing punya cara berbeda dimulai dari pengaplikasian sampai renovasinya. Keduanya juga memiliki harga yang berbeda dan banyak perbedaan lainnya. Bila Anda bingung menbedakan keduanya. Ada baiknya mengenal kedua material tersebut lebih jauh agar benar-benar yakin sudah menjatuhkan pilihan yang tepat.

1. Aplikasi

Dari segi pemasangan wallpaper jelas jadi juaranya. Bisa menutupi kerusakan, keamanan serta pengerjaan yang cepat menjadikan material ini sangat handal dari segi pengaplikasian. Walau cat ada juga yang anti air dan murah namun tetap saja lebih banyak keunggulan wallpaper dari segi ini.

2. Variasi Jenis dan Model

Ada banyak toko yang jual wallpaper korea, polos atau motif dan juga aneka ragam cat. Untuk masalah variasi keduanya cukup memiliki banyak varian baik dari segi tambilan atau material. Jika secara umum tentu keduanya seimbang. Namun bila mampu menghadirkan motif tertentu seperti garis, geometris atau bahkan bunga, tentu wallpaper adalah jawabannya. Penggunaan Wallpaper hadir dengan aneka motif memberikan kesan yang berbeda.

3. Keawetan dan Daya Tahan

Banyak sekali tolak ukur keawetan dari mulai harga sampai kualitas. Apapun yang memiliki embel-embel premium tentu lebih baik dalam hal daya tahan sampai harga. Anda bisa mendapatkan harga wallpaper dinding korea yang terjangkau dan bisa tahan lama berada di dinding karena kondisi tembok yang baik puluhan tahun. Bisa juga cat dan wallpaper terkelupas karena bagian dinding yang lembab. Ada banyak hal yang mempengaruhi keawetan baik cat atau wallpaper sehingga tidak bisa dengan adil membandingkan keduanya.

4. Perawatan

Bagaimana membersihkan dinding yang terkena noda? Ada saja merek cat atau wallpaper tertentu yang anti jamur dan anti air namun kualitas tersebut sama-sama mahal dalam hal harga. Secara umum dinding dengan cat akan menggunakan spons basah dan mengelap noda hingga bersih, bila tidak hilang dan mengangu pandangan maka bisa dilakukan pengecatan ulang. Sedangkan untuk wallpaper yang bernoda,semua tergantung dengan jenisnya. Kalau kertas tentu jauh lebih rentan dan lebih baik mengganti keseluruhan wallpaper. 

5. Harga

Kalau sudah membahas Harga tentu semuanya menjadi relatif. Terlalu banyak elemen yang mempengaruhinya dari mulai kepopuleran merek, jumlah kuantitas, dan kualitas material. Tiap ruangan juga berbeda ukurannya. Bila Wallpaper dihitung per roll sedangkat cat dihitung berapa kaleng. Penggunaan cat mungkin bisa lebih boros karena untuk dapat hasil yang baik memerlukan pengecatan setidaknya dua kali. Bila ada sisa cat bisa diaplikasikan pada ruangan lain, sementara kelebihan wallpaper bisa diaplikasikan pada bagian bangunan atau furniture untuk jadi keseragaman dengan dinding.

Akan ada saja kelebihan cat dan juga wallpaper. Toko jual wallpaper korea, polos maupun motif dengan berbagai varian begitu juga halnya dengan cat. Akhirnya opsi semua dikembalikan pada keputusan penghuni rumah baik yang disesuaikan dengan ruangan, budget atau dari segi kerepotan. Pada akhirnya ruangan yang nyaman bisa membuat tampilan yang luas untuk bisa ditempati bersama dan tidak menyesakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *