Harus Kamu Tahu!! Setiap Ruangan Memiliki Fungsi Berbeda dan Membutuhkan Warna yang Juga Berbeda

Mengadopsi nuansa dari suatu negara ke dalam desain rumah atau gedung bukan merupakan hal yang baru. Malah faktanya, segala desain rumah yang kita lihat sekarang merupakan hasil kontemplasi dari berbagai negara. Rumah bergaya minimalis, victorian, vintage, semuanya tak lepas dari pengaruh budaya suatu negeri. Maka dari itu, menempatkan budaya atau nuansa suatu negara ke dalam hunian merupakan hal yang lumrah.

wallpaper dinding Korea

Tak terkecuali bagi Anda yang menginginkan rumah bernuansa Korea. Anda pasti sudah menyiapkan segala pernak-pernik bertemakan Korea, termasuk wallpaper dinding Korea beserta fitur-fiturnya. Namun yang perlu Anda ingat, menempatkan nuansa suatu negara ke dalam sebuah ruangan tak boleh sembarangan. Anda perlu memperhatikan pula penggunaan warna dalam setiap ruangan hunian Anda. Dengan memperhatikan penggunannya, konsep rumah bergaya nuansa luar negeri bisa Anda dapatkan.

Tips Mengatur Warna untuk Setiap Ruangan Berbeda

Lalu bagaimana mengatur warna tiap ruangan? Berikut ulasannya.

Ciptakan Kesan Hangat

Sama halnya dengan tempat jual wallpaper Korea yang sedang menjamur, interior bertema serupa juga amat digandrungi oleh para pemilik hunian. Konsep ini dapat selaras bila Anda memberikan kesan yang hangat pula pada ruangan. Untuk menciptakan kesan ini, Anda dapat memberi warna oranye, kuning, dan merah. Warna-warna tersebut erat kaitannya dengan perasaan gembira, ceria, dan aktif. Amat cocok bila digunakan dengan ruang tamu.

Dengan mengaitkan warna-warna tersebut pada ruang tamu, setiap tamu yang akan datang akan terkesan dan merasakan kenyamanan ketika berkunjung ke rumah Anda. Hal ini tentunya menambah kemenarikan dari konsep negara yang Anda usung dalam rumah.

Pada ruang tamu, hindari warna-warna yang dingin, meliputi warna biru dan hijau. Kedua warna tersebut erat kaitannya dengan sikap pasif atau rasa sedih.

Jadikan Pusat Perhatian

Bicara mengenai kesan yang timbul dari ruang tamu, Anda dapat pula memberikan warna mencolok. Misalnya terdapat warna merah pada dinding yang didominasi warna putih. Karena tampilannya yang memberikan kesan menonjol, maka akan menjadikannya sebagai pusat perhatian. Hal ini akan sekaligus membuat tamu tak melupakan satu spot tersebut pada rumah Anda.

Warna merah ini pun dapat Anda dapatkan dari wallpaper dinding Korea yang terpasang. Negara tersebut juga erat kaitannya dengan warna-warna terang, termasuk merah atau pink. Selain tamu dibuat terkesan karena spot tersebut, ingatan mereka mengenai konsep negara yang Anda usung juga akan membekas. Dengan kata lain, Anda sukses mengusung konsep hunian Anda.

Manipulasi Ruangan

Banyak beberapa dari Anda mungkin yang masih memiliki masalah terhadap ruangan yang sempit. Sebenarnya, masalah ini pun dapat Anda selesaikan dengan mengatur warna ruangan tersebut. Warna-warna terseut meliputi warna-warna terang seperti putih, biru muda, ataupun abu-abu muda. Dari warna-warna tersebut akan muncul kesan dimensi baru dalam sebuah ruangan. Ruangan akan menjadi tampak jauh lebih luas.

Sebaliknya, bila Anda merasa ruangan yang Anda miliki terlalu luas, Anda dapat menggunakan warna-warna gelap seperti hitam, ungu, dan cokelat tua. Warna-warna tersebut memberikan kesan tampak lebih sempit.

Untunynya, konsep negara yang Anda usung dapat menyesuaikan konsep manipulasi ruangan ini. Kamar dengan konsep negara Korea, tentunya membutuhkan kesan yang lebih luas. Maka bukan hanya memilih toko wallpaper saja, tetapi aspek warna-warna terang seperti yang sudah disebutkan di atas harus menjadi pertimbangan yang serius guna menghadirkan keserasian.

Setiap konsep yang diusung dalam sebuah rumah, tak lepas dari pemilihan warna. Tugas Anda hanyalah menyesuaikan warna-warna tersebut agar selaras dengan konsep. Hal yang harus diingat, jangan lupakan kesan yang muncul dari warna-warna tersebut ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *